Kisi-kisi Ujian Nasional 2012/2013

Di tengah upaya untuk mengadakan perubahan kurikulum pada 2013 nanti, rupanya Ujian Nasional (UN) masih digunakan sebagai instrumen penilaian akhir oleh pemerintah. Sebagai salah satu kriteria untuk menentukan kelulusan seorang siswa dari suatu jenjang sekolah. Hal ini telah ditegaskan oleh pemerintah baik melalui pernyataan resmi dari Mendikbud maupun pihak terkait seperti BSNP. Bahkan kini BSNP telah merilis kisi-kisi UN 2012/2013.
Ada beberapa perubahan yang perlu kita ketahui dalam UN 2013 ini. Diantaranya paket soal yang lebih variatif yakni menjadi 20 paket soal untuk tiap ruang UN, sehingga tiap peserta UN memegang paket soal yang berbeda satu dengan yang lain. Hal ini sebagaimana dinyatakan M. Nuh saat memberikan keterangan pers soal UN 2013 di Jakarta, Kamis. Pada kesempatan tersebut Mendikbud memberikan keterangan bahwa variasi soal yang tahun ini hanya ada lima macam akan ditambah menjadi 20 macam. 
"Setiap peserta didik dalam satu kelas akan mengerjakansoal yang berbeda semua. Ini yang diuji kemampuan perseorangan, bukan kolektif," katanya. Demikian sebagaimana dilansir oleh antaranews.com.
Beliau juga menyampaikan adanya kemungkinan kenaikan standar kelulusan dari 5,5 menjadi 6 atau tetap mempertahankan 5,5 dengan meningkatkan tingkat kesulitan soal.
adapun proporsi soal yang tahun ini 10 persen soal mudah, 80 persen soal sedang, dan 10 persen soal sukar. Formulaisnya tahun depan menjadi 10 peren mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sukar.
Perubahan lain, rencana kisi-kisi UN 2013 ini akan diberlakukan untuk masa 3 tahun ke depan. Hal ini berdasarkan pengalaman bahwa tiap tahun kisi-kisi hanya mengalamai sedikit saja perbedaan. Hal ini sebagaimana dinyatakan ketua BSNP Aman Wirakartakusumah kepada kompas.com .
Pemerintah berharap perubahan UN ini tidak menimbulkan kekhawatiran para siswa dan guru. Jadi, bersiaplah.

======= Guru adalah Jabatan Profesional, Mengemban dan Melaksanakannya adalah Pengabdian kepada Allah SWT, Bangsa dan Negara, serta Generasi Penerus Bangsa======