Hadiah Umroh Untuk Guru Berprestasi Brebes 2011


Pemilihan guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Berprestasi Kabuapaten Brebes Tahun mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Kemajuan yang sangat aberarti adalah dari sisi penghargaan yang diberikan pemerintah untuk para pemenang yang terpilih sebagai juara. Tidak seperti penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, kali ini pemerintah memberikan reward kepada juara pertama berupa hadiah umroh.
Hal ini sebagaimana yang disampaiakan oleh Bupati Brebes melalui staf ahlinya Dr. Angkatno, SH., M.Pd. Dalam sambutanya pada pembukaan lomba Pemilihan Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Berprestasi tersebut Angkatno selain memaparkan visi dan misi kabupaten Brebes, pada akhir sambutannya memberikan surprise dengan janji Bupati untuk memberikan hadiah perjalanan ibadah umroh ke tanah suci Makkatul Mukarromah.
Tentu saja reward yang luar biasa ini mendapat antusiame dari para peserta. Sementara itu Giyanto, SE selaku ketua panitia penyelenggara lomba memberikan laporannya. Dalam laporan tersebut disampaikan bahwa lomba diselenggarakan selama tiga hari yaitu 16 dan 18 Mei untuk seleksi Guru Berprestasi dan 19 Mei untuk Kepala Sekolah dan Pengawas Berprestasi. Dilaporkan bahwa untuk peserta guru berprestasi untuk SMP ada 18 peserta, SMA 13 peserta, SD 17 orang peserta, dan 6 orang peserta dari TK. Kepala TK 2 orang, Kepala SD 6 orang, Kepala SMP 1 orang dan Kepala SMA tidak ada.
Pada seleksi guru berprestasi smeliputi penilaian portofolio, tes tertulis, dan wawancara yang dilaksanakan pada Senin, 16 Mei. Kemudian pada Rabu, 18 Mei dilaksanakan penilaian karya tulis ilmiah dan presentasi karya ilmiah.
Terkait dengan hadiah umroh yang mendapat sambutan hangat dari para peserta, dan juga mendapatkan respon positif, namun tidak sedikit pula yang mengungkapkan alangkah baiknya bila reward yang diberikan juga berupa sebuah penjenjangan karir baik bagi guru, kepala sekolah, maupun pengawas. Terutama bagi guru diharapkan hendaknya yang terpilis sebagai pemenang diberikan keluasan kesempatan untuk mengikuti seleksi kepal sekolah misalnya. Hal akan dapat merangsang animo para guru untuk kreatif an inovatif sehingga peserta lomba Guru Berprestasi akan terus meningkat.
======= Guru adalah Jabatan Profesional, Mengemban dan Melaksanakannya adalah Pengabdian kepada Allah SWT, Bangsa dan Negara, serta Generasi Penerus Bangsa======