Schoolnet Berhenti, Internet Sekolah Macet


Beberapa hari ini para pengguna internet di sekolah dibuat kelabakan. Hal ini meninmpa mereka sekolah penerima program Schoolnet Jardiknas Zona Sekolah. Demikian juga yang kami rasakan. Padahal pembelajaran TIK untuk kelas IX, semua kompetensi yang harus dikuasai siswa adalah materi internet dan jaringan.

Bahkan karena tidak ada pemberitahuan langsung dari pihak terkait, beberapa sekolah memperbaiki sistem jaringan dan perangkat keras jaringannya. Usut punya usut kami mencoba konfirmasi ke kantor Telkom setempat. Akhirnya barulah kami tahu kalau layanan internet ke sekolah-sekolah tersebut memang dinonaktifkan.

Setelah kami mendapatkan penjelasan dari pihak Telkom dan setelah kita browse informasinya di internet, barulah kami dapat kepastian kalau pemutusan tersebut disebabkan belum adanya MOU baru untuk kontrak bandwidth dengan pihak Telkom. Hal ini setelah berakhirnya kontrak tahun 2010. Sebenarnya sudah ada pemberitahuan tertulis dari pikhak Pustekkom Kemdiknas selaku penanggung jawab program Schoolnet. Namun karena belum sampainya surat pemberitahuan ke pihak sekolah, membuat pihak sekolah kebingungan.

Tentu kondisi ini memprihatinkan bagi sekolah, hal ini mengingat biaya langganan internet dengan bandwith yang memadai hanya bisa dilakukan oleh pihak Telkom. Tentu ini perkara mudah sebenarnya bagi sekolah yang memiliki keuangan memadai. Karenan hanya tinggal mengaktivasi Speedy, beres lah sudah. Namun hal ini memang tak semudah membalik telapak tangan bagi sekolah yang memiliki kendala keuangan. Langganan internet yang memadai untuk mendukung pembelajaran TIK dan juga mapel lain membutuhkan paling tidak kecepatan minimal hingga 1 Mbps yang tentunya kalau kita lirik melalui tarif Speedy nilainya cukup besar tiap bulannya.

Memang ada jalan lain dengan menggunakan modem wireless CDMA yang tarifnya dikenal murah, namun ini bisa terkendala pada besarnya bandwidth dan sinyal operator yang kurang stabil. Bahkan untuk daerah pinggiran sering ditemukan rendahnya sinyal dari operator CDMA tersebut.

Demikianlah kiranya patut bagi pihak terkait untuk memberikan layanan internet dengan biaya murah sehingga bias terjangakau sekolah. Semoga.
======= Guru adalah Jabatan Profesional, Mengemban dan Melaksanakannya adalah Pengabdian kepada Allah SWT, Bangsa dan Negara, serta Generasi Penerus Bangsa======