Bermain dan Belajar Dengan Odong-odong



Sore itu, seperti sore sore hari sebelumnya selama kurun waktu tiga bulan belakangan ini kembali terdengar lagu anak-anak. Dari lagu dengan suara yang berasal dari sound system itu aku yakin itu pasti odong-odong. Tak lama kemudian terdengar teriakan anak- anak :" Hai itu odong-odong." , " Asyik odong-odong sudah datang......" sampai pada rengekan :" Maah minta duit buat naik odong-odong." Bahkan sampai ada yang menjerit sambil menangis :" Maah naik odong-odong, maah naik odong-odong." (Namanya juga anak-anak)
Yah mungkin sama seperti daerah lainnya anak-anak kita sedang demam odong-odong.
Apa sih , bagaimana sih, adakah manfaatnya buat anak kita ?

Odong-odong adalah sebuah peralatan permainan untuk menghibur anak-anak. Berbentuk mirip dengan becak, karena prinsip kerjanya memang seperti becak. Itulah komponen utamanya. Selanjutnya komponen lainnya adalah kursi yang berupa mainan seperti mobil, binatang dan lainnya. Ketika dinikmati anak dengan cara mendudukinya, ia akan bergerak-gerak naik turun, inilah bagian kesenangan anak kita dalam menikmati odong-odong. Satu unit odong-odong ini biasanya memuat empat buah kursi.

Bermain dan Belajar

Penikmat utama adalah anak-anak balita, yang pada masa ini mereka tengah membutuhkan rangsangan dari luar untuk pekembangan mentalnya. Sehingga bila kita cermati sesungguhnya dengan odong-odong ini balita kita akan banyak bermain sekaligus belajar.
Pembelajaran yang dapat berlangsung dalam permainan ini di antaranya :

  • Bersosialisasi

  • Dalam kesempatan ini para balita akan naik odong-odong balita lainnya, karena sekali jalan memuat empat orang. Dengan ini maka balita kita saling mengenal dan merasakan adanya kebersamaan. Candaria mereka semakin merekatkan kedekatan antar balita itu.

  • Apresiasi Seni

  • Ketika odong-odong bergerak maka musik pengiring yang berupa lagu anak-anak akan mengiringinya. Bersamaan dengan ini balita kita pun akan turut bernyanyi. Itu lah bentuk apresiasi seni yang mulai tumbuh di dalam jiwa mereka. Keindahan seni mulai mereka rasakan dan manfaatkan. Sehingga kita pun telah melatih persaan halus mereka.

  • Berhitung

  • Ongkos untuk naik odong-odong ini dibandrol dengan tarif Rp. 1000,- untuk durasi main sampai tiga judul lagu. Di mana satu lagu biasanya berkisar tiga menit. Jadi anak kita bisa mulai belajar berhitung. Berapa putaran dia bisa nikmati kalau membayar Rp. 2000,- dan seterusnya. Atau mungkin kita buat pertanyaan yang sederhana untuk itu.

  • Pengenalan Sains

  • Prinsip kerja dari odong-odong akan merangsang daya kritis anak. Ia akan mengamati kenapa odong-odong dapat bergerak. Mengapa untuk menggerakkan odong-odong abang tukang odong-odong harus menggenjot pedalnya ? Inilah pengenalan terhadap sains khusunya fisika.
    Ternyata odong-odong tidak layak dipandang sebelah mata. Terima kasih abang tukang odong-odong.

    My Facebook Halal Or Halal



    Sejak munculnya fatwa haram tentang penggunaan facebook oleh Forum Komunikasi Pondok Pesantren Putri (FMP3) saya banyak ditanya dan tidak sedikit yang memunculkan pesan bahwa facebook itu haram ketika saya memulai chatting dengan teman. Memang tidak sedikit para facebooker yang kemudian menjadi resah dengan munculnya fatwa ini.
    Sementara itu pihak lembaga nasional yang memegang kewenangan untuk mengeluarkan fatwa haram di negara kita yaitu MUI sendiri belum ada pembahasan ke arah tersebut.

    Bahkan ketua MUI Kalimanatan Selatan Prof H Asywadie Syukur Lc berpendapat bahwa kehalalan maupun keharaman facebook harus dilihat secara konstektual. Artinya sejauh mana seorang facebooker menggunakan jejaring facebook itu sendiri apakah untuk sesuatu yang positif seperti silaturahim, tukar pengetahuan, dan aktifitas positif lain yang bermanfaat. Sebaliknya akan menjadi haram jika kita sudah berlebihan tanpa dapat kita mengambil manfaat positif dari facebook atau menggunakannya untuk tindakan tidak terpuji lainnya.
    Saya sendiri sepakat dengan apa yang disampaikan H. Amidhan dalam pendapatnya yang menghargai pihak yang mengeluarkan fatwa tersebut, namun lebih tepat jika yang diharamkan itu kontennya yang bermuatan gosip, dan mengumbar keburukan privasi orang lain bahkan lebih parah lagi adanya gambar porno. Sehingga selama manfaat positif yang kita dapatkan dari facebook mengapa tidak kita optimalkan, ya kan ? Seperti yang banyak facebooker nikmati sekarang dapat menemukan kembali kontak dengan saudara, kawan dan sahabat lama yang sudah terpisahkan. Sehingga silaturahmi kembali terjalin, bukankah ini bagian yang dianjurkan agama?
    Facebook Dua Sisi Mata Uang
    Memang segala sesuatu yang ada di dunia ini memiliki sisi positif dan negatif yang memang salah satunya tidak dapat dipisahkan, namun sisi manakah yang kita gunakan ini yang penting bagi kita. Ibarat pisau cukur dia berguna untuk membersihkan dan merapikan rambut, kumis, maupun jenggot sehingga kita dapat menjaga kebersihan dan ini bagian dari sunah. Tapi di tangan seorang penjahat mungkin pisau cukur ini jadi alat kejahatan yang dilakukannya.
    Demikianlah facebook ataupun internet secara umum teknologi yang multi manfaat ini pun rentan dengan penyalahgunaan. Karena itu barang kali selama kita gunakan untuk kemanfaatan sudah barang tentu tidak melanggar aturan agama kita.
    Berikut sisi positif dan negatif facebook yang telah diakui para pengguna facebook dan beberapa di antaranya :
  • Sisi positif facebook

  • * mengikat tali silaturahmi dengan teman
    * Media promosi sebuah produk (marketing)
    * Media komunikasi dengan teman (khususnya teman-teman lama yang jauh di belahan bumi lain)
    * Menghilangkan stress
    * Bertukar foto diri untuk lebih kenal dekat, dsb.
  • Sisi negatif facebook

  • * menghabiskan waktu (apalagi jika dilakukan di saat jam kerja)
    Demikianlah semoga kita dapat mengambil sisi positif dari jejaring sosial facebook untuk kebaikan yang bermanfaat bagi semuanya.

    FULBRIGHT PROGRAMS FOR 2009 - 2010 STUDY YEAR AMERICAN INDONESIAN EXCHANGE FOUNDATION (AMINEF)

    FULBRIGHT PROGRAMS FOR 2009 - 2010 STUDY YEAR AMERICAN INDONESIAN EXCHANGE FOUNDATION (AMINEF)
    The American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) annually offers Fulbright scholarships to study in the United States. The primary focus of the Fulbright Program in Indonesia is to promote mutual understanding between the Republic of Indonesia and the United States of America through educational exchange and academic scholarship. Fulbright scholarships are available to Indonesian citizens with the appropriate qualifications as stipulated in the program descriptions listed below.

    General Requirements for All Programs :
    •Leadership qualities
    •A good understanding of Indonesian and international cultures
    •A demonstrated commitment to the chosen field of study
    •A willingness to return to Indonesia upon completion of the Fulbright program.

    Important Required Testing Information
    Degree student candidates must take the Graduate Record Examination (GRE for all fields except Law and Business) or Graduate Management Admission Test (GMAT for business administration, finance, accounting) if they are selected. It is recommended that applicants begin to familiarize themselves with the above test.

    Fulbright Student Program Alumni
    Fulbright student program alumni are not eligible to apply to get a second student grant.

    MASTER’S DEGREE PROGRAMS
    Fulbright Master’s Degree Program
    Preference will be given to applicants who serve as faculty members of state or private institutions of higher education in Indonesia. However, all qualified individuals are eligible to apply.
    Applicants will possess:
    •A Sarjana (S1) degree with a minimum GPA of 3.00 (4.00 scale)
    •A minimum TOEFL score of 550
    Deadline: May 31, 2009

    Fulbright-Freeport Master’s Degree Program
    Preference will be given to Indonesian citizens from Papua who are faculty members at state or private institutions of higher education.
    Applicants will possess:
    •Sarjana (S1) degree with a minimum GPA of 3.00 (4.00 scale)
    •A demonstrated commitment to the development and service of Papua
    •A minimum TOEFL score of 500
    Deadline: May 31, 2009

    Ph.D. PROGRAM
    Fulbright Presidential Scholarship Program (Ph.D. Program)
    This open competition is for applicants who serve or plan to serve as faculty members of state or private institutions of higher education in Indonesia.
    Applicants will possess:
    •Master’s degree with a minimum GPA of 3.00 (on a 4.00 scale)
    •A determination to take up academic positions in higher education upon their return
    •A minimum TOEFL score of 575. A score of 550 will be considered for certain fields
    Deadline: May 31, 2009

    RESEARCH PROGRAM
    Fulbright Doctoral Dissertation Research Program
    This research grant is intended to provide U.S. research opportunities to Indonesian university doctoral candidates who are in the final stages of writing their dissertation. The grant duration is for a period of three to six months. Applicants should have a minimum TOEFL score of 575 to participate in this program.
    Deadline: May 31, 2009

    HOW TO APPLY FULBRIGHT American Indonesian Exchange Foundation Scholarships
    Candidates should complete the appropriate application forms and return them to AMINEF by the application deadline. Forms are available either by mail, in person at the AMINEF Office, Gedung Balai Pustaka, 6th floor, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720, or via the AMINEF Website at the following URL: www.aminef.or.id. Please return to AMINEF your complete application package by the application deadline that includes : - Completed application form. This includes a clearly written and concise study objective. - Copy of your most recent, less than two years old, TOEFL score report. - One letter of reference, either from your current employer or previous lecturer. - Copy of academic transcript and diploma (English translation). - Copy of identify document (KTP or passport).

    CONTACT INFORMATION
    Specific questions regarding the application process are accepted via e-mail at the following address : infofulbright_ind-at-aminef.or.id

    The PDF form can be downloaded here:
    2010 Fulbright Application Form
    2010 Humphrey Letter of Reference
    FLTA Reference Letter
    Fulbright Reference Letter

    NUPTK dan SIM NUPTK R 68.5


    Dapatkan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) langsung dari sumbernya. Di sini kita dapat mengetahui NUPTK secara nasional. Sedangkan khusus Kabupaten Brebes silahkan Klik di sini. Dapatkan juga file installer SIM NUPTK R 68.5 untuk keperluan updating data NUPTK.
    Kita juga saat ini mendapatkan kemudahan untuk mengetahui NUPTK via SMS. Untuk mengetahui NUPTK via SMS ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Khusus PNS

  • Ketik : NUPTKCEKNIPNIPNAMA

    Contoh : NUPTKCEKNIP 132190439 SUEDI AHMAD

  • Untuk Non-PNS

  • Ketik : NUPTKCEKDAT#TGL_LAHIR #NAMA_GURU #NAMA_SEKOLAH #KAB/KOTA/PROPINSI

    Contoh : NUPTKCEKDAT #27081973 #SILVIA SUEDI #SMA N 1 BUMIAYU #JAWA TENGAH

    Format Tanggal Lahir adalah DDMMYYYY, DD adalah tanggal lahir dengan angka dua digit, M adalah angka bulan dengan angka dua digit, dan Y adalah angka tahun dengan empat digit angka. Jadi 2 Digit Tanggal, 2 Digit Bulan, 4 Digit Tahun.
    Selanjutnya kirim SMS tersebut ke : 0878-8230-5419
    Perlu diketahui bahwa mesin hanya menjawab Individu yang sudah ada dalam daftar NUPTK. Jika dalam 24 jam belum ada jawaban, artinya NUPTK anda belum ada. Silahkan menghubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota. Keterangan lebih jelas kunjungi : http://www.nuptk.info/

    "Laskar Pelangi" Menjadi Bahan Diskusi di Praha


    Dalam diskusi hangat di sekolah film Filmova Skola Zlin di Praha, sejumlah siswa yang datang dari berbagai negara mempertanyakan proses pembuatan film LASKAR PELANGI, kepada sutradaranya Riri Riza. Termasuk juga soal misi yang diemban berikut masalah pendanaannya.

    Verica Kordic (27), seorang pelajar dari Kroasia mengakui film LASKAR PELANGI membawa pesan yang kuat dan juga jalan ceritanya sangat mudah dimengerti, apalagi anak-anak yang menjadi bintangnya sangat menghayati peran mereka. "I like the kid," ujar Verika yang tengah belajar film animasi.

    Para pelajar di sekolah yang dikenal dengan kota kelahiran pendiri pabrik sepatu Bata, Tomas Bata itu juga bertanya mengenai aktor anak-anak yang ada dalam film tersebut dan kelanjutan akan nasib mereka, dan juga dampak dari film tersebut terhadap kehidupan mereka selanjutnya.

    Riri mengatakan bahwa anak-anak pemain film LASKAR PELANGI merupakan bocah yang memang tinggal di pulau yang menjadi setting garapan film tersebut, yakni Baliton. "Mereka bukan artis," ujar Riri dan menambahkan bahwa anak-anak usai pembuatan film mereka kembali ke kehidupan semula.

    Memang sejumlah artis ada yang mendapat perlakuan yang lebih, dan bahkan mereka sempat diterima kepala negara yang kemudian memberikan hadiah komputer untuk setiap anak. "Sayang ada di antara anak yang belum terlayani aliran listrik di rumahnya," ujarnya

    Sementara itu, Michael Carrington, salah seorang staf pengajar, mengatakan bahwa film LASKAR PELANGI memiliki energi positif yang memperlihatkan budaya Indonesia di dalamnya. "Saya telah menyaksikan film tersebut," ujar Michael yang peranakan Inggris-Ceko itu.

    Kota industri Zlin yang hanya berpenduduk 600 ribu orang, memiliki tradisi budaya yang sangat kuat dari tiga wilayah yaitu Valassko (Wallachia), Slovacko and Hana yang dikenal dengan tempat berdirinya Kerajaan Sepatu Bata.

    Menurut Michael, saat ini pelajar sekolah film Zlin menggunakan studio yang pernah digunakan pembuat film animasi dari Ceko yang terkenal, Hermina Tyrlova dan Karel Zeman, yang menciptakan film klasik.

    Di Kota Zlin akan digelar festival film "49th International Festival for Children and Youth" dari tanggal 31 Mei hingga 7 Juni mendatang, yang diikuti berbagai negara.

    "Saya harap Riri bisa ikut dalam festival film ini tahun depan dalam rangka memperingati 50 tahun penyelenggaraan festival," harap Michael Carrington. (kpl/dar)

    Sumber : Kapanlagi.com/yahoo.co.id

    Lowongan Kerja Buat Lulusan SMA/SMK


    Anda lulusan SMA/SMK ? Ingin langsung terjun ke dunia kerja atau ingin tahu bagaimana seluk beluk mencari pekerjaan, silahkan coba di sini atau langsung saja mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi calon karyawan/wati pada PT. Fukuyuku Kagyo Indonesia. Tidak perlu khawatir karena rekruitmen yang meliputi pendaftaran dan seleksinya berlangsung di SMA Muhammadiyah Bumiayu yang beralamat di jalan KH. Ahmad Dahlan km. 1 Bumiayu. Adapun ketentuan pendaftarannya adlah sebagai berikut :

    1. peserta adalah lulusan SMA/SMK semua jurusan
    2. pendaftaran peserta selambatnya 21 mei 2009
    3. mengikuti seleksi pada 23 Mei 2009
    4. tempat pendaftaran dan seleksi di SMA Muhammadiyah Bumiayu.
    Bagaimana sudah jelas ? Bila masih bingung silahkan datang langsung ke SMA Muhammadiyah Bumiayu atau telepon setiap hari kerja ke (0289) 4322644. Selamat berjuang semoga anda sukses.

    PEDOMAN, PELAKSANAAN SERTIFIKASI GURU 2009

    • PASAL 4
    • Sertifikasi pendidik bagi guru diperoleh melalui program pendidikan profesi yang hanya diikuti oleh peserta didik yang telah memiliki kualifikasi akademik atau DIV
    • PASAL 11
    • Sertifikasi pendidik berlaku selama yang bersangkutan melaksanakan tugas sebagai guru sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

    • PASAL 12
    Guru dalam jabatan yang telah memiliki kualifikasi akademik S1 atau D4 dapat langsung mengikuti uji kompetensi untuk memperoleh sertifikat pendidik.
    Jumlah peserta uji kompetensi pendidik setiap tahun ditetapkan oleh menteri
    Uji kompetensi pendidik dilakukan dalam bentuk penilaian portopolio

    • PASAL 63, AYAT 5
    Guru yang terbukti memperoleh kualifikasi akademik dan/sertifikasi pendidik dengan cara melawan hukum diberhentikan sebagai guru dan wajib mengembalikan seluruh tunjangan profesi, tunjangan fungsional atau subsidi tunjangan fungsional, dan penghargaan sebagai guru yang pernah diterima
    • PASAL 65
    • Guru dalam jabatan diberi sertifikat pendidik secara langsung apabila :
    • Sudah memiliki kualifikasi akademik magister (S-2) atau doktor (S-3) dari perguruan tinggi terakreditasi dalam bidang kependidikan atau bidang studi yang relevan dengan mata pelajaran atau rumpun mata pelajaran yang diampunya, atau guru kelas dan guru bimbingan dan konseling atau konselor, dengan golongan sekurang-kurangnya IV/b atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/b atauSudah mempunyai golongan serendah-rendahnya IV/c atau yang memenuhi angkakredit kumulatif setara dengan golongan IV/c.\
    • PASAL 66
    • Dalam jangka waktu 5 (lima) tahun sejak berlakunya peraturan pemerintah ini, guru dalam jabatan yang belum memenuhi kualifikasi akademik S-1 atau D-IV, dapat mengikuti uji kompetensi untuk memperoleh sertifikasi pendidik apabila sudah :
    • a. mencapai usia 50 (lima puluh) tahun dan mempunyai pengalaman verja 20 (dua puluh) tahun sebagai guru atau
    • b. mempunyai golongan IV/a, atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a
    • PASAL 67
    • Pengawas satuan pendidikan selain guru yang diangkat sebelum berlakunya peraturan pemerintah ini diberi kesempatan dalam waktu 5 (lima) tahun untuk memperoleh sertifikat pendidik.
    • Jalur Sertifikasi Guru
    • Guru pra jabatan : pendidikan profesi
    • Guru dalam jabatan : Uji kompetensi, penilaian portopolio
    • Guru Dalam Jabatan
    • Uji kompetensi melalui penilaian portopolio

    Media Gambar Tiga Dimensi Untuk Pembelajaran, Murah dan Partisipatif



    Klik di sini [untuk download artikel]
    Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran. Dalam kamus Inggris-Indonesia disebutkan bahwa media memilki arti yang sama dengan medium yang mengandung beberapa arti antara lain “ ...2. perantara...3. perantaraan...” (Echol, John M., et.al., 1992: 377). Sehingga dapat kita pahami bahwa media pembelajaran adalah sesuatu yang dapat dijadikan sarana penghubung untuk mencapai pesan yang harus dicapai oleh siswa dalam kegiatan belajar.

    Banyak media pembelajaran yang dapat kita gunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran ini, namu seringkali sekolah terbentur pada kendala kemampuan dalam pengadaannya. Terutama saat dihadapkan pada harga media yang harus dibelanjakan tidak dapat terjangkau oleh sekolah. Mengfhadapi hal ini sekolah melalui para guru harus memiliki daya kreasi yang tinggi agar dapat menciptakan sendiri media pembelajaran tersebut.
    Media Gambar Tiga Dimensi, Media Pembelajaran Partisipatif
    Dalam pembuatan media pembelajaran selain dapat menekan biaya ekonomis juga dalam pembuatannya dapat melibatkan peranserta siswa. Bahkan kita ciptakan suasana kompetitif dalam pembuatannya. Sehingga tercipta suasana kompetitif. Lebih besar lagi manfaat yang akan diperoleh adalah siswa lebih menguasai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai karena di sisi terjadi proses pembelajaran kontektual.
    Salah satu media pembelajaran yang penulis maksudkan adalah media gambar tiga diumensi. Yaitu gambar yaang setidaknya memiliki tiga sisi depan belakang dan samping. Dengan demikian sebuah gambar tiga dimensi dapat dilihat dari berbagai arah. Mengingat ini maka jelas media ini akan besar pengaruhnya bagi siwa dalam mencapai kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.
    Alat, Bahan, dan Proses Pembuatan
    Pembuatan gambar dapat dilakukan dengan membuat gambar sendiri, atau menyunting dari gambar yang bisa di dapat di foto, poster, buku, atau media cetak lain. Usahakan gambar yang diperoleh dengan menampilkan berbagai sisi : tampakmuka, samping, dan belakang.
    Cara paling mudah adalah dengan mengambil gambar dengan kamera digital. Lebih praktis lagi kita gunakan kamera digital yang ada pada handphone yang kita miliki. Sehingga alat yang kita butuhkan : gunting , cutter, kertas kover atau jenis, lem
    Lebih rinci dapat penulis sampaikan langkah persiapan :
    1. Buat sebuah gambar, agar hasilnya bagus buat dengan aplikasi komputer dengan ukuran 6 x 4 cm untuk tampak, depan, belakang samping kanan dan kiri.
    2. Gunting gambar dengan mengambil fokus sosok modelnya, bagian bawah + 0,5 cm dari gambar disiapkan untuk pengeleman dibagian bawah gambar. Setelah itu tempelkan bagian tampak samping dengan samping. Tampak depan dengan tampak belakang.
    3. Usahakan gambar yang diperoleh dengan menampilkan berbagai sisi : tampak muka, samping, dan belakang
    4. Setelah penyuntingan selesai tempelkan gambar tersebut dengan berbagai posisi.
    5. Sediakan kertas untuk media tempel gambar, agar kuat media tempel terdiri dari 2 (dua) lembar, buat lubang pada salah satu media tempel, masukan bagian gambar untuk pengeleman pada lubang.
    6. Satukan kertas media tempel lainnya sehingga menjadi satu lembar.
    Jika pembaca telah menguasai pengoperasian program komputer dapat melakukannya dengan menggunakan program yang sederhana yaitu MS. Word dan Program Paint. Dengan langkah :
    1. Tampilkan gambar dari file yang ada seperti mengambil dari file image yang diambil dengan kamera digital atau hanphone berkamera
    2. File gambar kita buka dan atur ukurannya dengan aplikasi paint maupun dengan format gambar pada microsoft word
    3. Setelah dipilih klik copy pada menu view dan masuk ke Ms. Word klik paste kemudian masuk menu format picture.
    4. Ater ukuran gambar agar sesuai kebutuhan
    5. Lakukan langkah dari awal untuk mendapatkan gambar lain yang dibutuhkan dengan berbagai posisi.
    6. gunting gambar dan satukan gambar tampak depan dengan tampak belakang, tampak samping kanan dengan tampak samping kiri
    7. Setelah terkumpul tempelkan pada media tempel yang telah disiapkan
    8. Perhatikan contoh gambar 3D yang penulis buat dengan menggunakan gambar dari foto camera digital

    Pembahasan Soal UN 2009


    Penasaran dengan hasil ujian nasional (UN)? O, pasti, begitu kan? Nah supaya anda tidak penasaran coba deh kamu buka pembahasan UN di sini. Klik aja pada side bar Pembahasan Soal UN 2009 atau buka dan atau download pada nama mapel berikut ini, berikut mapel UN pada SMP/MTs. silahkan klik :
    Bahasa Indonesia
    Bahasa Inggris
    Matematika
    IPA
    Adapun untuk SMA, bisa klik di sini.
    Silahkan anda coba cocokan dengan hasil pekerjaan UN anda, setidaknya anda dapat memiliki gambaran kemampuan anda dalam mengerjakan soal UN.

    Tentu saja hasil pembahasan ini tidak memiliki kebenaran mutlak ya kan. Ini hanya pembahasan yang dilakukan oleh sebuah lembaga bimbingan belajar yang cukup terpercaya. Selanjutnya mari kita berdo'a agar anda semua mampu memenuhi kriteria lulus dan mendapatkan predikat kelulusan yang memuaskan. Semoga, Amiin.
    ======= Guru adalah Jabatan Profesional, Mengemban dan Melaksanakannya adalah Pengabdian kepada Allah SWT, Bangsa dan Negara, serta Generasi Penerus Bangsa======